Bendungan Karian WIKA Resmi Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Bisnis490 Views

sitnaker.com  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten, yang telah selesai dibangun. Proses peresmian ini ditandai oleh permainan angklung oleh Presiden dan penandatanganan pada prasasti. Bendungan Karian dianggap sebagai Proyek Strategis Nasional yang telah direncanakan sejak tahun 1980-an.

Kapasitas dan Manfaat Bendungan Karian

Dengan kapasitas mencapai 1,74 hektar dan daya tampung air sebesar 314,7 juta meter kubik, Bendungan Karian diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan air masyarakat sekitar. Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bendungan ini dapat menyediakan kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik per detik bagi masyarakat di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, serta di Jakarta bagian barat dan Kabupaten Bogor.

Peran PT WIKA dalam Pembangunan Bendungan

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan Paket III dalam pembangunan Bendungan Karian. Paket ini mencakup Tubuh Bendungan, Puncak Bendungan, dan Hidromekanikal. Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito, menyatakan bahwa Bendungan Karian adalah salah satu dari 48 bendungan yang dikerjakan oleh WIKA di seluruh Indonesia sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam pengelolaan air dan ketahanan pangan.

Dukungan untuk Pengelolaan Air dan Ketahanan Pangan

“Peresmian Bendungan Karian menjadi langkah baik bagi WIKA untuk mengawali tahun 2024, sekaligus memotivasi kami untuk semakin giat meningkatkan aktivitas operasi pada tahun ini,” ujar Agung Budi Waskito. Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Banten Al Mutbakar, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan, Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito, dan Direktur Operasi I Hananto Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *