IMF Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Melampaui China, Jepang, dan AS di 2024

Berita251 Views

sitnaker.com  Dalam laporan terbaru, Dana Moneter Internasional (IMF) meramalkan bahwa Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5% di tahun 2024. Proyeksi ini mengejutkan, karena mengungguli prediksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS), China, dan Jepang.

Perbandingan Pertumbuhan Ekonomi dengan Negara Lain

Menurut laporan World Economic Outlook Update per Januari 2024 yang dikutip oleh CNBC Indonesia pada Rabu (31/1/2024), IMF memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS hanya akan mencapai 2,1% di 2024, menurun dari angka sebelumnya yaitu 2,5% di 2023.

Sementara itu, China, yang sebelumnya mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,2% pada 2023, diprediksi hanya akan tumbuh sebesar 4,6% di tahun 2024. Begitu juga dengan Jepang, yang diproyeksikan hanya mampu mencapai pertumbuhan 0,9% di 2024, menurun dari 1,9% pada 2023.

Konsistensi Prediksi dengan Laporan Bank Dunia

Prediksi dari IMF sejalan dengan laporan Bank Dunia, yang juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,9% di tahun 2024. Meskipun angka ini sedikit lebih rendah dari proyeksi IMF, namun tetap mengungguli pertumbuhan ekonomi AS, China, dan Jepang.

Bank Dunia juga merinci pertumbuhan ekonomi negara lain, seperti Amerika Serikat yang hanya tumbuh 1,6%, Uni Eropa sebesar 0,7%, dan Jepang dengan pertumbuhan 0,9%.

Penurunan Pertumbuhan di Negara Lain

Selain itu, laporan IMF juga mencatat penurunan pertumbuhan ekonomi China yang semula 5,2% di 2023 menjadi 4,5% di 2024. Sementara itu, beberapa negara lain mengalami tren pertumbuhan yang beragam, seperti India yang berhasil tumbuh 6,4%, Thailand dengan pertumbuhan 3,2%, Brasil 1,5%, Meksiko 2,6%, Argentina 2,7%, dan Rusia 1,3%.

Implikasi dan Tantangan Bagi Indonesia

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi memberikan sinyal positif, namun juga menimbulkan tantangan. Pemerintah perlu memastikan keberlanjutan kebijakan ekonomi yang mendukung pertumbuhan, serta melakukan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas dan ketahanan ekonomi di tengah ketidakpastian global.

Dengan pencapaian ini, Indonesia memiliki peluang untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu kekuatan ekonomi utama di kawasan, mengg surpass China, Jepang, dan AS. Meskipun tantangan tidak bisa diabaikan, namun proyeksi ini memberikan optimisme bagi perkembangan ekonomi Indonesia dalam waktu yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *