WIKA Tanggapi Penghentian Perdagangan Saham: Sukuk Mudharabah sebagai Penyebab Utama

Perusahaan432 Views

sitnaker.com  PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, atau lebih dikenal sebagai WIKA, memberikan tanggapan terhadap penghentian sementara perdagangan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 18 Desember. Corporate Secretary WIKA, Mahendra Vijaya, mengonfirmasi bahwa penghentian ini terkait dengan penangguhan pembayaran pokok Sukuk Mudharabah PUB I Tahap I tahun 2020 Seri A yang jatuh tempo pada hari yang sama.

Kepastian Pembayaran bagi Pemegang Sukuk

Meskipun terjadi penghentian sementara perdagangan saham, Mahendra Vijaya menegaskan bahwa WIKA tetap akan membayarkan bagi hasil (kupon) kepada pemegang sukuk sesuai jadwal dan nilai yang telah disepakati dalam perjanjian. Pernyataan ini memberikan kepastian kepada para pemegang sukuk mengenai penerimaan pembayaran mereka meskipun perdagangan saham sedang dihentikan.

Penghentian Sementara dan Kemungkinan Pembukaan Kembali Perdagangan

Mahendra menjelaskan bahwa penghentian sementara perdagangan saham tidak bersifat tetap. Perdagangan dapat dibuka kembali setelah dilakukan pembayaran pokok Sukuk Mudharabah. Selain itu, ada kemungkinan perdagangan dapat dijalankan kembali jika tercapai kesepakatan antara perusahaan dan pemegang surat utang WIKA di masa mendatang.

Pertimbangan Manajemen Perseroan

Manajemen WIKA mempertimbangkan dua faktor utama dalam mengajukan penundaan pembayaran sukuk. Pertama, mereka memberlakukan equal treatment kepada para kreditur perseroan, terutama para pemegang obligasi PUB I Tahap 1 Tahun 2020. Pemberlakuan ini melibatkan persetujuan perpanjangan jatuh tempo pokok obligasi Seri A selama 2 tahun dengan opsi beli (call option) sejak tanggal jatuh tempo.

“Dengan perseroan tetap membayarkan bunga tanpa melakukan perubahan terhadap tingkat bunga dan jadwal pembayarannya,” tambah Mahendra.

Kedua, manajemen mempertimbangkan proyeksi arus kas di akhir 2023, di mana WIKA menghadapi keterbatasan dan mengutamakan penggunaan kas untuk modal kerja dan pembayaran mitra kerja sebagai langkah penyehatan perseroan.

Penangguhan dan Isu Kelangsungan Usaha

Penghentian perdagangan saham WIKA oleh BEI menciptakan isu mengenai kelangsungan usaha perusahaan pelat merah tersebut. Menurut BEI, penundaan pembayaran pokok Sukuk Mudharabah oleh WIKA mengindikasikan adanya permasalahan pada kelangsungan usaha perusahaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, akan menjadi penting untuk melihat bagaimana WIKA mengatasi tantangan ini dan apakah langkah-langkah yang diambil dapat mendukung pemulihan reputasi dan kinerja perusahaan. Semua mata akan terus mengawasi perkembangan selanjutnya di pasar saham terkait WIKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *